Review 5 Jurnal MSDM


*      JURNAL 1
Judul Penelitian           : PENINGKATAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI MOTIVASI, DISIPLIN, LINGKUNGAN KERJA, DAN KOMITMEN
Nama Penulis             : Agung Prihantoro (Sekolah Tinggi Agama Islam Mathali’ul Falah)
Analisis
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja guru MTs dan MA Salafiyah, Kajen, Margoyoso, Pati. Penelitian ini menggunakan variabel motivasi, disiplin, dan bekerja lingkungan untuk menganalisis pengaruh kinerja guru. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan komitmen sebagai variabel intervening untuk menganalisis pengaruh tingkat guru komitmen terhadap sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru MTs dan MA Salafiyah, Kajen, Margoyoso, Pati. Populasi ini berjumlah 110 guru dari 52 guru MTs Salafiyah dan 57 guru MA Salafiyah. Penelitian ini menggunakan metode sensus untuk memberikan kuesioner kepada seluruh populasi 110 guru. Data dikumpulkan menggunakan metode kuesioner yaitu dengan menyediakan daftar pertanyaan atau kuesioner langsung ke responden. Teknik data analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis SEM (Structural Equation Model) yang dioperasikan melalui SMARTPLS pogram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi, disiplin, dan lingkungan kerja memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap komitmen. Variabel motivasi, disiplin, komitmen, dan lingkungan kerja menunjukkan signifikan hasil positif pada kinerja.

*      JURNAL 2
Judul Penelitian           : PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN
Nama Penulis             : Novita, Bambang Swasto Sunuharjo dan Ika Ruhana (Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang)

Analisis
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara variabel kepuasan kerja dan komitmen organisasional secara simultan terhadap kinerja karyawan dan pengaruh antara variabel kepuasan kerja dan komitmen organisasional secara parsial terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Explanatory Research dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan proportional random sampling kepada 59 karyawan. Pada penelitian ini analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji asumi klasik dan analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja dan komitmen organisasional berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan dengan nilai sig.F 0,000 < α = 0,05. Kepuasan kerja berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan dengan nilai sig.t 0,000 < α = 0,05 namun, komitmen organisasional tidak berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan dengan nilai sig.t 0,344 > α = 0,05.

*      JURNAL 3
Judul Penelitian           : PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. INTI GENERAL YAJA STEEL SEMARANG
Nama Penulis              : Mirza Selvia (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang)
Analisis
Variabel penelitian dalam penelitian ini terdiri dari : Dependent Variable (variabel terikat) dan Independent Variable (variabel bebas). Kinerja karyawan PT. Inti General Yaja Steel Semarang mengalami penurunan. Penurunan kinerja karyawan ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu motivasi, disiplin kerja dan lingkungan kerja. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin, sampel yang diambil sebanyak 80 karyawan dari total karyawan PT. Inti General Yaja Steel Semarang yang berjumlah 407 karyawan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan metode pengumpulan data kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa : 1) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, 2) Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, 3) Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Variabel motivasi, disiplin kerja, dan lingkungan kerja mampu menjelaskan variabel kinerja karyawan sebesar 73,1% (Adjusted R Square) dan sisanya 26,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.

*      JURNAL 4
Judul Penelitian           : HUBUNGAN KEPEMIMPINAN, KOMPENSASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS KESEHATAN KOTA DEPOK

Nama Penulis             : Widyatmini dan Luqman Hakim
Analisis
Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang digunakan dalam menentukan hubungan timbal balik antar variabel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kepemimpinan, kompensasi, dan kompetensi dan secara bersama-sama terehadap kinerja pegawai Dinas Kesehatan Kota Depok. Populasi yang diambil untuk penelitian ini adalah pegawai Dinas Kesehatan Kota Depok yang berjumlah 95 orang. Sampel diambil dengan menggunakan metode stratified random sampling karena di dalam populasi terdapat berbagai macam tingkatan jabatan atau eselon, juga terdapat berbagai tingkatan golongan ruang gaji. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Data yang terkumpul selanjutnya diolah menggunakan teknik analisis regresi linear dengan bantuan perangkat lunak SPSS (Statistical Package for Social Science). Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan, kompetensi, dan kompensasi sangat signifikan mempengaruhi kinerja pegawai. Kontribusi kepemimpinan terhadap variasi kinerja pegawai adalah sebesar 10.2%. Kompensasi memberikan kontribusi terhadap kinerja pegawai sebesar 10.4% dan kontribusi kompetensi terhadap variasi yang terjadi pada kinerja pegawai sebesar 13%. Selanjutnya dapat dinyatakan bahwa kepemimpinan, kompensasi, dan kompetensi memberikan kontribusi sebesar 48,8% terhadap variasi yang terjadi pada kinerja pegawai.

*      JURNAL 5

Judul Penelitian         : PENGARUH PENGAWASAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PDAM TIRTANADI CABANG MEDAN KOTA
Nama Penulis              : Muhammad Irfan Nasution (Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Analisis
Pendekatan penelitian merupakan suatu bentuk pendekatan yang dilakukan oleh penulis dalam melakukan langkah-langkah terhadap suatu objek yang menjadi permasalahan. Pendekatan ini menggunakan pendekatan asosiatif. Asosiatif merupakan penelitian yang menggunakan dua variabel atau lebih guna untuk mengetahui hubungan atau pengaruh antara variabel satu dengan variabel yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengawasan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan di PDAM Tirtanadi Cabang Medan Kota baik secara parsial maupun simultan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 50 karyawan, sedangkan sampel yang digunakan 50 karyawan yang memenuhi kriteria. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik interview (wawancara), teknik kuesioner (angket) dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Asumsi Klasik, Analisis Linear Berganda Uji t, Uji F, dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program Software SPSS (Statistic Package For The Social Sciens) versi 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan dan disiplin kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja, dan secara simultan pengawasan dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan di PDAM Tirtanadi Cabang Medan Kota.

Komentar

Postingan Populer